Sunday 10 February 2013

GAMES ONLINE

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Games OnlineBermain games online untuk saat sekarang ini memang merupakan kegemaran setiap orang, terutama para anak-anak yang masih bersekolah. Bahkan tidak jarang juga setiap anak sekolah apabila setelah pulang sekolah mereka langsung bermain games online. Dalam memainkan games online di zaman yang telah berkembang ini tentunya semakin mudah, karena memang untuk mengakses internet pun sudah bisa dilakukan dimana pun. Apalagi khususnya untuk orang Indonesia, saat ini sudah banyak tersedia warung internet atau warnet dengan harga yang terjangkau.
Namun terlalu sering memainkan games online tentunya memiliki dampak negatif bagi anak-anak, seperti mereka mulai tidak tahu waktu kapan harus mengerjakan PR dari sekolah, lalu mereka pun lebih memilih menghabiskan waktu di depan komputer dibandingkan bersama keluarga atau teman-temannya, dan bahkan mungkin yang paling parah adalah mereka berani untuk bolos sekolah demi bermain games online.
Lalu apakah ada cara untuk mengatasi anak yang terlalu berlebihan dalam memainkan games online? Tenutu saja ada, mungkin cara-cara seperti di bawah ini dapat membantu mengatasi anak-anak yang kecanduan games online:
1. Melakukan Olahraga
Melakukan olahgraga bisa saja dapat membantu anak-anak agar bisa sedikit melupakan games online, dan sebaiknya ajaklah anak kita untuk berolahrga yang mereka favoritkan seperti sepakbola, basket atau yang lainnya. Selain dapat membantu melupakan games online tentu saja cara ini juga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.
2. Mengikuti Ekstrakulikuler Di Sekolah
Di sekolah biasanya terdapat kegiatan ekstrakulikuler yang beraam, mulai dari pramuka, paskibra, teater dan yang lainnya. Jadi tidak ada salahnya untuk mendorong para anak-anak agar masuk dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut. Dengan kegiatan ini anak-anak bisa lebih bersosialisai dan sedikit melupakan bermain games online.
3. Mendorong Ke Aktifitsas Lain
Salah satu cara agar anak dapat melupakan games online aalah kita bisa mendorong mereka melakukan aktifitas lain selain duduk depan komputer, seperti berjalan-jalan bersama keluarga, mengikuti program bimbingan belajar ataupun hal positif lainnya yang dapat mengalihkan anak-anak dari bermain games online.
4. Mengikuti Kegiatan Agama
Cara lainnya dalam mengatasi kecanduan Games Online, adalah dengan mendorong anak-anak untuk ikut dalam kegiatan agama, sepetti mengaji dan hal lainnya yang berkaitan dengan agama. Cara ini juga bisa memberikan bimbingan rohani kepada anak-anak agar sedikit melupakan games online.
Itulah tadi sedikit cara yang semoga dapat membantu agar anak-anak dapat mengatasi kecanduan games online, dan dari hal diatas yang telah disebutkan peran orang tua lah yang harus ditunjukan agar dapat mengatur waktu para anak-anak, bermain Games Online tentu saja boleh namun tidak berlebihan dan orang tu lah yang harus memperhatikannya.

No comments:

Post a Comment