Wednesday 13 February 2013

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering - Memiliki rambut kering tentu akan menjadi masalah tersendiri dan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Dengan demikian, maka sudah barang tentu banyak orang yang selalu mengupayakan mencari informasi terkait dengan cara merawat rambut agar dapat menghindari masalah ini.

Meski berbagai informasi cara merawat rambut kering sudah diterapkan, tetapi sering pula hal ini tidak langsung berdampak terhadap hasil seperti yang diinginkan. Masalah seperti ini umumnya terjadi karena faktor-faktor dasar yang mempengaruhi rambut kering tersebut tidak Anda ketahui, sehingga dalam aplikasinya tidak mendapatkan seperti yang diharapkan.


cara mengatasi rambut kering
Untuk perawatan rambut agar tidak kering, maka ada hal dasar yang perlu diketahui, yaitu terlebih dahulu Anda harus mengenal faktor apa yang menyebabkan rambut menjadi kering. Dalam hal ini faktor-faktor tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti yang akan dipaparkan berikut ini.

Penyebab Rambut Kering


1. Penyakit
Penyakit merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Dalam hal ini tiroid, kekurangan gizi atau penyakit kanker dapat menyebabkan masalah pada rambut. Khusus dalam hal ini untuk mengatasinya secara lebih lanjut, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter ahlinya.

2. Kimia
Berbagai bahan kimia yang terdapat pada produk rambut terbukti dapat merusak folikel. Kerusakan folikel dapat menyebabkan rambut menjadi rusak permanen dan membuatnya tampak kusam. Selain itu produk kimia juga dapat merusak pelindung terluar dari rambut, sehingga rambut akan rentan terhadap kerusakan.

3. Kelenjar
Rambut akan menghasilkan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar dalam tubuh. Ketika kalenjar tersebut tidak dapat memproduksi minyak rambut secara baik, maka hal ini akan mengakibatkan rambut akan terlihat kering dan kusam.

4. Keramas
Keramas memang terbukti dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Namun apabila hal ini dilakukan terlalu sering, maka akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu produk shampo yang terlalu sering digunakan juga dapat menghilangkan minyak alami rambut dan akan berdampak membuat rambut menjadi kering.

5. Polusi
Paparan polusi dan kotoran sangat rentan terhadap rambut. Polusi dan debu juga menjadi faktor utama yang mengakibatkan kerusakan pada folikel dan kutikula. Dengan demikian maka polusi juga merupakan salah satu penyebab yang menjadikan rambut menjadi kusam dan kering.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering

Setelah mengetahui tentang penyebab rambut kering diatas, maka Anda tentu sudah dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya. Selain itu berbagai trik dan tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai tambahan informasi untuk merawat rambut agar tidak kering, dapat juga disimak seperti yang akan dipublikasikan berikut ini:

1. Melakukan pijit kulit kepala dengan menggunakan minyak hangat. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Upayakan agar menghindari air hangat ketika akan mencuci rambut, sebab hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kekeringan pada kulit kepala. Selain itu air hangat juga dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas.

3. Gunakanlah produk kondisioner yang terbuat dari susu kelapa. Selain itu gunakan juga kondisioner yang menggandung protein, telur, dan yogurt. Setelah memakai produk kondisioner, maka upayakan juga untuk memijat bagian kepala Anda. Setelah dipakai biarkanlah produk kondisioner berada pada ujung rambut Anda selama waktu 10-15 menit.

4. Bila rambut memang telah benar-benar kering dan bercabang, maka upaya pemangkasan pada ujung rambut secara teratur juga sangat perlu dilakukan agar rambut tetap terlihat lebih indah dan rapi.

Demikianlah informasi tentang cara perawatan rambut agar tidak kering yang bisa dipublikasikan kepada Anda pada kesempatan ini. Lihat juga tulisan terkait tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami yang sudah dipublikasikan sebelumnya di blog Berita Terhangat.

No comments:

Post a Comment