Tuesday 12 February 2013

Penyakit Yang Ditimbulkan Oleh Rokok

Kali ini kota madiun akan memberikan penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. Dari sekian banyak orang yang suka dengan rokok, hampir 99% orang kecanduan rokok. Kenikmatan merokok yang bisa dinikmati dalam beberapa menit saja. Namun batang tembakaunya yang membuat masalah dan menggangu kesehatan yang perlu diwaspadai bagi anda yang kerap menghisap rokok. Mungkin anda perlu menghentikan kebiasaan merokok secara perlahan. Karena bagi para perokok banyak sekali penyakit yang mengintainya. Bahkan kimia dalam produk tembakau dapat mengurangi oksigen ke jantung dan menyebabkan kelelahan. Atau mungkin juga ada kerusakan sel-sel dalam arteri dan pembuluh darah dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan banyak penyakit.
Berikut ini adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh rokok yang perlu diwaspadai oleh anda para pecandu rokok :
1. Penyakit jantung
Salah satu penyebab penyakit jantung adalah merokok. Merokok dapat menyebabkan aterosklerosis atau yang biasa disebut pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri yang menyebabkan lemak dan plak memblok aliran darah sehingga membuat penyempitan pembuluh darah. Serangan jantung dapat terjadi, disebabkan jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, maka akan semakin besar kesempatan mengembangkan penyakit jantung, atau stroke.
2. Penyakit paru-paru
Merokok dapat meningkatkan resiko terkena pneumonia, emfisema, dan bronchitis kronis atau biasa disebut dengan penyakit paru-paru. Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu, sampai orang tersebut akhirnya meninggal.
3. Kanker paru dan kanker lainya

Salah satu kondisi yang harus diwaspadai dari efek merokok adalah terserang kanker paru atau juga dapat berkontribusi dengan kanker lain, seperti dari mulut, kontak suara/ laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pancreas, leher rahim, dan kanker darah atau leukemia.
4.Diabetes
Merokok meningkatkan resiko orang terkena diabetes. Merokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti; penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal dan masalah kaki.
5. Impotensi
Merokok merupakan factor utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang memeprsempit pembuluh darah membawa darah kebagian wilayah tubuh. Pembuluh darah ke penis mungkin akan berpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang kecil, dan dapat mengakibatkan difungsi ereksi atau yang biasa disebut dengan impotensi.
6. Kebutaan
Perokok memiliki peningkatan resiko degenerasi macula, atau penyebab kebutaan pada orang tua. Perokok memiliki kesempatan empat kali lebih mungkin dibandingkan bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi macula, yang merusak macula, pusat retina, yang menghancurkan penglihatan sentral tajam.
7. Penyakit mulut
Selain meningkatkan resiko kangker pada mulut dan leher merokok juga meningkatkan resiko penyakit gusi. Serta menyebabkan masalah gigi dan nafas. Merokok dapat menggangu proses penyembuhan dengan mengurangi oksigen dan nutrisi ke jaringan gusi, yang akan mengakibatkan kerusakan gusi dan gigi tanggal.
Banyak sekali penyakit yang menghampiri anda bagi para perokok. Anda perlu waspada dan mencoba sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan merokok and

No comments:

Post a Comment