Sunday 10 February 2013

Ambigram – Seni Kaligrafi Dua Arah

Selamat malam semuanya,. Kali ini saya ingin membahas tentang ambigram,. Apa itu Ambigram? Ambigram adalah sebuah seni kaligrafi dua arah,. (itu kan judulnya???)
Ok, ceritanya begini,. Suatu hari di sore yang tenang dan damai,.
A: “Halo, selamat pagi, benar ini kediaman cold4hands?”
B: “Benar mbak, tapi ini sudah sore,.”
A: “Kenapa memangnya kalau sudah sore?”
B: “Berarti kalau mau pagi, tunggu besok saja mbak, ok?”
A: “Ok, besok saja,. Mari,..”
B: “Mari,..”
Begitulah ceritanya bagaimana akhirnya saya ingin membahas ambigram,. (what???)
Ok, ambigram adalah sebuah seni penataan bentuk, posisi, ukuran dan visualisasi huruf yang dirangkai menjadi kata sehingga dapat dibaca dari dua arah atau lebih,. (biasanya dari atas dan bawah atau 180 derajat). Bisa dibaca sama atau berbeda tergantung bagaimana pembuatnya,. Untuk lebih mudahnya langsung pada contoh,.
ugly baby
sumber: google
Sudah jelas kan?, (ratusan sandal kayu sebelah kiri meluncur ke kepala saya,….)
Ok, ini contoh yang sebenarnya,.
sumber: google
Diatas itu ambigram yang terkenal dalam novel Angels & Demon, movienya juga ada loh,. Ambigram itu meskipun dibalik, tetap terbaca Angels&Demon,. Kalau tidak percaya, download saja, trus balik layarnya (gaptek amat???) dan lihat hasilnya, unik kan?, Di novel tersebut juga terdapat beberapa ambigram lainnya seperti fire, earth, air, illuminati,.
sumber: google
Banyak sekali ambigram yang lainnya seperti dibawah ini,.
Gimana?, unik2 kan?, selain tulisannya bagus, juga bisa dibaca dari atas dan bawah,.
Memang beberapa ambigram agak sulit dibaca, namun kunci sebenarnya dalam pembuatan ambigram adalah manusia membaca kata dalam suatu kesatuan, bukan huruf demi huruf, jadi jangan protes kalau ada ambigram yang sulit dibaca ya?, hehehe!,
Saya sendiri sudah mencoba membuat beberapa ambigram, jelek-jelek sih, maklumlah pemula (membela diri),. salah satunya adalah header blog ini yang ada diatas itu, terbaca coldhands begitu juga kalau dibalik,. Ada juga yang lain dibawah ini,.
bikin sendiri
Bagaimana?, tertarik untuk membuat ambigram?, Atau ingin tahu bagaimana nama Anda jika dibuat dengan style ambigram ini?, silahkan ketik reg spasi nyasar, kirim ke blog sebelah, maka Anda akan mendapat puluhan gelengan kepala, ckckck,.
Kalau memang penasaran sih, coba saja ambigram generator, saya tidak bisa menyediakan link’nya, soalnya tidak saya rekomendasikan, hehehe,. kalau mau tau silahkan ketik saja ambigram generator di pencarian google, pilih sendiri,.
Tapi saya sarankan untuk membuat sendiri, ambigram generator kan mesin, jadi bagaimanapun hasilnya sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal,. Mendingan bikin sendiri,.
Huaaahh,. laaamaaa raasanya saya lari dari ke’maya’an,. jadi agak canggung nih nulis padahal cuma segini,. okelah sampai jumpa lain waktu di postingan selanjutnya, selamat beraktifitas,.

1 comment:

  1. jasa pembuatan ambigram murah janya di : http://kask.us/hoFmI

    silahkan kunjungi paling murah se-jagad

    ReplyDelete